Penutupan Dauroh Mustawa Akhir bersama Rektor Universitas Al-Ahgaff Yaman

Acara Daurah Ilmiah yang diselenggarakan kali ini, bukanlah acara perdana bagi segenap pelajar yang sudah duduk di tingkat akhir, tapi sebuah kegiatan rutinan setiap tahun, sebagai bentuk pembekalan sebelum mereka terjun langsung ke masyarakat.

Seperti biasanya, acara dauroh dimulai dengan salat ashar berjamaah yang diimami langsung oleh Abuya al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun selaku Rektor Universitas Al Ahgaff.

Dalam pelaksanaannya, dauroh kali ini dikemas dengan beberapa materi terpilih yang telah dirancang dan direncanakan oleh panitia dan diselenggarakan selama satu minggu lamanya. Sejumlah materi yang dibahas diantaranya: Bab Muamalat (jual-beli), Bab Munakahat (pernikahan), dan Bab Siasah (perpolitikan). Sedang Bab Tasawwuf dipilih sebagai materi terakhir di acara penutupan dauroh tahun ini.

Acara penutupan dauroh pun dimulai pada jam 17:00 KSA, dengan beberapa pertanyaan yang masih berkaitan dengan materi kepada Abuya al-Habib Abdullah Baharun.

Di antara pesan beliau pada kesempatan kali ini:

إن النفس لا تصدق قط, و القلب لا تكذب قط, ولذالك إذا تتبعك الهوى فلا تختلف بينك وبين الحيوان

Sesungguhnya, hawa nafsu itu tidaklah mengandung sebuah kejujuran sama sekali, dan hati tidak pula mengandung kedustaan. Oleh karenanya, jika kauikuti hawa nafsumu, maka tiada bedanya antara kau dengan hewan.

Jam 18:20 KSA adzan dikumandangkan. Acara dilanjut dengan salat maghrib berjamaah dan pembacaan Rotib Al-Haddad, sebagai waktu luang untuk beristirahat. Kisaran jam 20:30 KSA, acara berlanjut pada sesi berikutnya hingga selesai.

Alhamdulillah.

Acara Penutupan Dauroh tahun ini, yang diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir berjalan dengan lancar. Disusul dengan salat isya' berjamaah dan makan malam bersama di halaman rumah Abuya Abdullah bin Muhammad Baharun.

=======

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Ahgaff Pos di;

Facebook: facebook.com/AhgaffPos
Instagram: instagram.com/ahgaff.pos
Youtube: tiny.cc/YoutubeAhgaffPos
Website: amiahgaff.org
Medium: medium.com/@ahgaffpos95

Post a comment

0 Comments