Jangan Mau Jadi Orang yang Merugi

Oleh : Muhammad Nur Huda, Mahasiswa Tingkat akhir, fakultas syariah wal Qonun, universitas Al Ahgaff




Suatu hari Rasulullah Saw. bertanya kepada para sahabatnya: "Apakah kalian tahu siapa dia orang yang merugi?" Sahabatpun menjawab, "Orang yang merugi itu yang tidak memiliki uang, tidak memiliki harta".


Rasul Saw. menyangkal jawaban tersebut seraya bersabda, "Orang yang merugi adalah dia yang nantinya pada hari kiamat datang dengan membawa segudang pahala amal kebajikan, pahala sholat, pahala puasa dan lain-lainnya akan tetapi dia dimasa hidupnya juga mencaci orang lain, menuduh-nuduh orang lain, mendzolimi orang lain, merusak kehormatan orang lain.


Maka ganjarannya adalah, semua pahala kebajikan itu dibagi-bagi kepada para korban sampai habis. Dan ketika sudah habis terbagi, keburukan para korban ditimpakan kepada dia sehingga amal buruknya semakin bertambah dan dimasukkanlah dia ke neraka."

Dan saat itulah dia menjadi orang yang merugi. Maka pesan Imam Ghazali dalam kitabnya berjudul al-Ihya', setelah memaparkan hadits ini, agar kita segera bertaubat sebelum amal kita sia-sia dan menjadi orang yang merugi. Wallahua'alam.

=====

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Ahgaff Pos di;

Facebook: facebook.com/AhgaffPos
Telegram: t.me/ahgaffpos
Instagram: instagram.com/ahgaff.pos

Post a comment

0 Comments