Ziarah Ahya' Wal Amwat Asosiasi Mahasiswa Indonesia ( AMI Ahgaff ) bersama Mahasiswa Tingkat Dua Al Ahgaff Yaman

Tarim(26/9), telah dilaksanakan Ziarah Ahya' Wal Amwat yang diselenggarakan oleh Asosiasi Mahasiswa Indonesia Al Ahgaff atau yang disingkat dengan AMI Ahgaff.

Ziarah Ahya' Wal Amwat merupakan ziarah tahunan dalam rangka memperkenalkan kota Tarim kepada mahasiswa  Ahgaff yang baru menetap di kota Seribu Wali tersebut.

" Alhamdulillah, ziarah ini menjadi awal yang baik buat mahasiswa Indonesia yang baru menetap di tanah Tarim dan menjadi penyemangat bagi mereka yang memulai dirosah di tanah para wali ini " ungkap presiden Asosiasi Mahasiswa Indonesia Al Ahgaff, Habib Ali Fad'aq saat ditemui di kantor AMI Ahgaff.

Ziarah dimulai dengan mengunjungi Makam Zambal yang terletak di tengah kota Tarim al Ghonna kemudian dilanjutkan dengan beberapa lokasi penting di tanah Tarim.

Ziarah dipimpin langsung oleh Habib Ali Ridho al Kaff dengan Ustadz Hafidz Nasution kemudian diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat dua Ahgaff.

Semangat dan antusiasme para rombongan dalam mengikuti ziarah tidak terbendung,terlebih para rombongan diberikan penjelasan mengenai karomah dan beberapa biografi dari para Habaib yang dimakamkan di tempat tersebut.

Setelah tiga puluh menit mengelilingi makam Zambal, akhirya rombongan berpindah tempat ke Makam Furoid yang merupakan tempat dimakamkannya para Masyaikh yang mengajar di tanah Tarim, Hadramaut Yaman.

Ziarah ke makam Furoid yang dipimpin langsung oleh Syaikh Ali Baharmi kemudian berlanjut menuju ke kediaman al Habib Muhammad bin Hasan al Haddad yang merupakan salah satu keturunan dari Imam al Haddad untuk bershilaturrahmi dan meminta ijazah Rotib Imam Haddad dari beliau secara langsung.

Dalam nasehatnya, beliau al Habib Muhammad  bin Hasan al Haddad berpesan untuk tidak hanya mendalami mazhab Syafi'i saja ,namun hendaknya untuk mencoba belajar dan mendalami mazhab-mazhab lainnya.

Setelah mengunjungi kediaman al Habib Muhammad bin Hasan al Haddad, rombongan melanjutkan ziarahnya ke kediaman almarhum Ainu Tarim, al Habib Abdullah bin Muhammad bin Syihab Rohimahullahu untuk menemui putra beliau yakni al Habib Ahmad bin Abdullah.

Ziarah diakhiri dengan mengunjungi peninggalan Imam Haddad sekaligus sholat dzuhur berjamaah di masjid al Fattah,Tarim Hadramaut Yaman. ( Alfian.J)

Post a comment

0 Comments