USHUL FIQH EKONOMI DAN KEUANGAN KONTEMPORER DARI TEORI KE APLIKASI


USHUL FIQH EKONOMI DAN KEUANGAN KONTEMPORER DARI TEORI KE APLIKASI

Buku "Ushul Fiqh Ekonomi dan Keuangan Kontemporer" karya Dr. Moh. Mufid, LC., M.H.I, salah satu alumni fakultas syariah wal qonun universitas al-Ahgaff ini merupakan kumpulan materi kuliah (buku ajar) yang pernah diajarkan di IAIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada jurusan Hukum Ekonomi Syariah Mualamat dan Perbankan Syariah.

Memuat berbagai teori ushul fiqh yang merupakan pijakan atau dasar dalam pengembangan inovasi produk akad di perbankan syariah. Teori ushul fiqh tersebut dihubungkan secara aplikatif pada tatanan praktis dalam merumuskan produk baru yang ditawarkan di dunia perbankan syariah.

Disajikan dalam 14 bab mengenai diskursus dalil-dalil yang menjadi dasar dalam penemuan dan pengembangan hukum ekonomi syariah dan inovasi berbagai produk akad di perbankan syariah. Pada Bab pertama diawali dengan pengenalan ushul fiqh secara umum dan pengaruhnya dalam ijtihad ekonomi syariah. Pada bab berikutnya disusul dengan berbagai teori penemuan istinbat hukum seperti ijma', qiyas, istihsan, istishbab, sad zari'ah, maslahah mursalah dan 'urf.

Bab 12 khusus membahas peran fatwa para Dewan Syariah Nasional dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Bab 13 mengurai ta'arudh dan tarjih dalam aplikasi ekonomi syariah, serta bab 14 menyajikan kaidah ushuliyah dan implikasinya dalam praktik ekonomi syariah. 

Buku ini didesain menjadi pegangan bagi mahasiswa progam sarjana (S-1 dan S-2) jurusan Hukum Ekonomi Syariah/Muamalat, Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Syariah. Disertai beragam contoh aplikatif yang memudahkan pemahaman secara utuh dan komprehensif, karena memberikan gambaran utuh tentang metodologi ijtihad Ekonomi Syariah kontemporer. Ditulis pertama kali dalam bidang ushul fiqh yang disertai contoh praktis dan inovasi akad perbankan syariah dan ekonomi keuangan kontemporer.

=====

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Ahgaff Pos di;

Facebook: facebook.com/AhgaffPos
Telegram: t.me/ahgaffpos
Instagram: instagram.com/ahgaff.pos

Post a comment

0 Comments