Upgrade

Oleh : Muhammad Reza Pahlevi (Mahasiswa Tingkat I Universitas Al - Ahgaff Yaman)




Bosan memang jika harus meng-"upgrade" aplikasi smartphone yang cukup menguras banyak kuota. Namun, mau tidak mau ini harus kita lakukan! Hal ini umpamanya sunah muakkad bagi setiap versi android, bahkan bisa dibilang wajib. Jika tidak, banyak fitur serta fungsi fasilitas perangkat lunak yang tidak bisa bekerja maksimal, dan dapat membuat smartphone semakin "lola" bahkan bisa mengakibatkan kerusakan pada perangkat lunak tersebut. Tapi apakah "upgrading" seperti ini hanya khusus untuk smartphone? Bagaimana dengan manusia?

Tidak hanya smartphone saja yang mempunyai perangkat lunak. Manusia pun juga mempunyai perangkat lunak. Maksud  perangkat lunak disini adalah "Hati". Perangkat lunak inilah yang harus senantiasa di-upgrade agar sistem kinerja pancaindra berjalan dengan baik. Dengan terjaganya hati semua organ tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Tapi apakah ini membutuhkan suatu sambungan internet juga? Menurut saya pasti iya.

Maksud sambungan internet disini ialah "القوة" yang berarti "kekuatan". Kekuatan yg muncul dari diri sendiri. Sangat jelas, jika meng-"upgrade" hati butuh dengan kekuatan. Dalam aspek menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya serta kekuatan dalam mengekang syahwat. Tak hanya kekuatan "internal" saja, manusia juga butuh kekuatan "external" dengan cara mengaktifkan koneksi internet kepada Allah. Karena koneksi ini adalah koneksi tercepat dalam "upgrading" hati manusia. Lalu dari manakah kita mendapatkan sinyal internet untuk menyambungkan pada Allah?

Imam Habsyi berkata dalam salah satu qubahan syairnya;

هم العلماء العارفون الذين في # مجالسهم للمرء أعظم إسعاد

"Mereka adalah para ulama dan orang-orang sholeh yang ada di dalam majelisnya untuk perkara yang besar dan memberikan pertolongan"

Habib Abu Bakar Al-Atthas juga memberikan beberapa metode dalam pembersihan hati, yaitu dengan memandang wajah orang-orang sholeh ataupun yang hadir dalam majelis mereka. Inilah salah satu akses eksternal dalam "upgrading" Hati. Oleh karenanya, dua metode klasik ini tetap terjaga hangat hinga kini. Dan tetap terus terjaga oleh mereka para peng-"upgrade" hati.

Tak perlu pesimis dalam "upgrading" hati karena koneksi kepada Allah tersebar dimana-mana.

Mukalla, 8 Agustus 2018

Posting Komentar

0 Komentar