Surat Untuk Para Perindu

Oleh: Nanda. S


عندما يعشق القلب أرضا،
يبقى حنينه دائما إليها.
كيف لا، وهي أرض دبغت بأقدام الصالحين،
وطافت بها أرواح المحبين والعاشقين.
إنها أرض الصفا و النقا،
إنها تريم الغنا.

قيل : شواريع تريم شيخ لمن لا شيخ له

"Jalanan Kota Tarim akan senantiasa menjadi guru bagi mereka yang tidak mempunyai guru"


Tarim, satu bentuk manifestasi keagungan-Nya yang terbentang diatas bumi, sebuah bentuk implementasi dari do'a di masa lalu yang tergambarkan melalui kehidupan keilmuan dan nilai kerohanian yang tinggi.

Terletak di sebuah lembah yang dikelilingi perbukitan yang berdiri tegak bagaikan sebuah benteng, membuatnya seperti permata yang terhampar di tengah padang pasir yang luas membentang. Kemurnian Cinta menjadi asas kehidupan yang berjalan di atasnya, seraya menjadi nafas kehidupan bagi jiwa yang selama ini terbengkalai.

Jutaan lembar kertas tak akan pernah cukup untuk menceritakan segala kelebihannya, walau dengan jutaan mili tinta tak kan ada yang mampu melukis lekukan panca warna yang menghiasi cakrawalanya.

Bukanlah hiperbol jika dikatakan "surga dunia adalah Tarim", karena ungkapan tersebut hanya bagian "expectacy kecil" yang tidak ada bandingan dengan realistisitasnya sebagai salah satu karya agung Sang Maha Indah.

Bahkan pancaran sinar sang mentari di pagi hari yang menyongsong membelah celah perbukitan batu yang terjal saja mampu mengungkap seribu tafsir keindahan yang tersirat di dalamnya.

Hening malamnya yang penuh dengan keteduhan menjadi waktu terbaik bagi para penduduknya untuk tersungkur sujud melepaskan jiwa dari jeratan hawa nafsu untuk meraih kebebasan tertinggi yang disebut "penghambaan". Bahkan  sang purnama pun cemburu kepada mereka.

Tak peduli seberapa jauh jarak, ia masih saja mengusik jiwa para perindu yang berada di seluruh penjuru, sehingga membuat jutaan bibir tak pernah bosan membicarakannya.
Terlalu banyak hal tentangnya yang ingin diungkapkan, sampai tak satupun pertanyaan yang dapat dijawab oleh lisan, karena hanya sanubari yang dapat mengungkap rahasia dari balik tabir yang menutupi setiap keistimewaan.

رب احفظ تريم وأهلها وسائر بلاد المسلمين...
اللهم صلّ على سيدنا محمد

Tarim, 17 Desember 2018.

Post a comment

0 Comments