Safari Dakwah Penuh Cinta


قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَ بِرَحْمَتِهِ فَبِذَالِكَ فَلْيـَفْرَحُوْا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يـجْمَعُوْنَ

Hami, Senin (26/11) Dua hari setelah kepulangannya dari Indonesia, Prof. Habib Abdullah bin Muhammad Baharun melanjutkan safari dakwahnya sampai di kota kelahiranya sendiri, Hami, salah satu kota di pesisir pantai selatan Yaman.

 Acara ini diadakan selepas sholat ashar. Dimulai dengan pembacan maulid Simthudduror di Masjid Baharun yang mana terdapat makam al-Habib Muhammad bin Harun Baharun, kakek dari al Habib Abdullah Baharun. Para jamaah berkumpul di masjid untuk membaca maulid dan zikir sekaligus menunggu waktu adzan maghrib tiba.

Setelah sholat magrib, acara dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh al Habib Abdullah Baharun.
"Pada bulan yang mulia ini, hendaklah bagi kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Rosullullah solallahu alaihi wasallam. Salah satu sifat Rosullullah solallahu alaihi wasallam ialah "Al-Qosim" (yang membagi)

العطاء من الله و القسمة من رسول الله صلى الله عليه وسلم و يقسم الأخلاق و الصفة و العلم و الأحوال و كل الخير.

Pemberian (Anugerah) itu datang dari Allah dan pembagian tersebut dari Rosulullah. Dan Rosulullah saw membagi Akhlak, Sifat yang terpuji, Ilmu, Keadaan, dan seluruh kebaikan yang ada.

Rosulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

من يريد الله به خيرا يفقهه في الدين و إنما أنا قاسم و هو المعطي

"Barang siapa yang dikehendaki Allah dalam kebaikan maka ia akan diberikan kepahaman dalam agama. Dan sesungguhnya Aku (Rosulullah) yang membagi dan Allah yang memberi anugerah."

Dan semua itu diwariskan Rosulullah saw kepada para ulama melaui cahaya Kenabian di dalam hati mereka, yang berupa kepahaman dalam agama. Inilah sirr (rahasia) yang Allah berikan kepada para kekasihnya, dan apakah kita bisa menjadi pewaris ini semua?" tuturnya dalam kesempatan kali ini.

Telah tersebar rahmat dan kasih sayang di seluruh penjuru dunia dan dirasakan oleh semua makluk hidup di karenakan telah diutusnya Rosullullah alahi solatu wasallam dimuka bumi ini.

Menukil dari perkataan imam Syuyuti dalam Kitab Durrul mansyur, Ibnu Abbas berkata:

فضل الله هو القرأن و برحمته هو رسول الله صلى الله عليه وسلم

"Karunia Allah adalah Al Quran dan rahmatnya Allah adalah Rosulullah shallallahu alaihi wasallam"
Ujar Syekh Yasir Muhammad Ba'bad dipenghujung acara tersebut.

Kemudian acara pun dilanjutkan dengan pembacaan qosidah dan ditutup dengan doa. (Levi)

Post a comment

0 Comments