20 Mahasiswa Pascasarjana Al-Ahgaff Mengadakan Riset Tamwil di Bank Syariah Seiwun

Menyambut akhir pekan pelajaran semester ganjil, mahasiswa Pascasarjana konsentrasi Usul dan Fikih universitas Al Ahgaff mengadakan riset serta observasi finansial di Bank Saba' Al Islami dan Bank Tadhamun Al Islami Ad Duali di kota Seiwun, Hadhramaut, Yaman pada Senin (24/12/18) lalu.

Dikoordinir langsung oleh dosen prodi Muamalah Maliah Kontemporer, Dr. Ahmad bin Saleh Ba Fadhal, 20 peserta berangkat dari Universitas Al Ahgaff Tarim tepatnya jam 06.00 KSA. Agenda riset tersebut adalah konfigurasi praktek dari pelajaran Tamwil Islami, salah satu kurikulum semester akhir pelajaran fakultas Syariah.

Selain untuk mengais wawasan seputar Bank Syariah, tujuan dari agenda ini adalah agar para mahasiswa terjun langsung untuk menganalisis lapangan demi menumbuhkan kemandirian, baik secara finansial dan intelektual.

Diawali dengan Bank Saba' Islami Seiwun, salah satu Bank yang menerapkan dan mempraktekkan kanun perbankan Syariah. Direktur Bank, Dr. Aiman As Sa'adi menerangkan panjang lebar seputar undang-undang perbankan yang berlaku dan sejalan dengan kanun Syariah Islam.

Selain itu, untuk mengantisipasi dari perkara haram dalam transaksi dan interaksi, Bank Saba' Al Islami Seiwun juga menyediakan seorang Mufti di Bank yang sangat ahli dalam bidang Fikih dan Usul serta problematika kontemporer seputar perbankan.

Kemudian berlanjut ke Bank Tadhamun Al Islami Ad Duali. Bank ini pun salah satu Bank Syariah diantara tujuh cabang Bank yang menerapkan kanun perbankan Syariah Islam di Yaman.

"Kanun Bank Syariah Yaman adalah salah satu kanun perbankan terbaik di jazirah Arab", ungkap Dr. Umar Awadh Mazru', direktur Bank Tadhammun tersebut.

Menurutnya, selain ada kanun Syariah yang tertulis, kanun perbankan Yaman dikatakan terbaik karena kenyataannya bersih daru praktek riba dan segala hal yang dilarang dalam Syariat Islam.

Di akhir acara, dibuka sesi tanya jawab bagi para mahasiswa yang ingin bertanya seputar problematika Tamwil Islami. Acara ini berlangsung lancar hingga jam 14.00 KSA. (YAG)

Post a comment

0 Comments