SEREMONI PERPISAHAN MAHASISWA MUSTAWA 5 UNIVERSITAS AL-AHGAFF




Tarim – detik-detik menuju akhir tahun selalu membekas lara sekaligus bahagia pada hati mahasiswa kelas akhir. Bertahun-tahun meniti pendidikan di Negara orang lain, kini mengantarkan mahasiswa kelas lima Fak. Syariah dan Hukum Univeristas al-Ahgaff menuju akhir dari perjalanan pendidikan mereka di level strata satu. Meski berlabur kesedihan yang tertutupi senyum pahit, tapi hal itu tak menyurutkan langkah mereka untuk memeriahkan detik-detik akhir kebersamaan menjelang kepulangan mereka ke tanah air.
Senin (03/06) bertepatan dengan kehadiran Rektor Universitas al-Ahgaff, Prof. Dr al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun yang sedang mengajar kilat pelajaran Ekonomi Islam di kelas 4, mahasiswa kelas akhir Fak. Syariah dan Hukum menggelar acara malam perpisahan. Dengan mengundang semua elemen Universitas al-Ahgaff mulai dari para dewan dosenat, pegawai kuliah serta semua mahasiswa. Mahasiswa kelas akhir memusatkan acara ini untuk menutup perjalanan hidup mereka dalam belajar di Universitas al-Ahgaff.

Benar-benar meriah.  Sungguh benar-benar meriah. bertempat di aula Universitas al-Ahgaff dengan desain dekorasi serba hijau, acara malam perpisahan mahasiswa kelas akhir dibagi menjadi tiga kerangka bagian acara. Bagian pertama diisi dengan pembacaan Maulid Habsyi yang dimulai seusai sholat Maghrib hingga menjelang Isya'. Seusai doa penutup maulid yang dibacakan oleh Ust. Al Habib Abdurrahman as-Seggaf serta Prof. al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun acara dilanjutkan dengan sholat isya berjamaah kemudian berlanjut pada bagian kedua yang meliputi beberapa rangkaian acara inti diantaranya pembacaan ayat-ayat suci al-Qur'an, pembacaan Hadits Nabawiy, qiroatus syi'ir, sambutan dari perwakilan mahasiswa kelas akhir serta sambutan dari Rektor  Universitas Al-Ahgaff, Prof. Dr. Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun. Dalam sambutannya beliau banyak berpesan kepada semua mahasiswa Universitas Al-Ahgaff terlebih kepada mahasiswa kelas akhir yang sebentar lagi akan meninggalkan universitas dan berjuang langsung di tanah air.

"Saya berharap kepada mahasiswa yang sebentar lagi akan keluar meninggalkan universitas agar selalu dan tetap belajar hingga akhir hayat." Ucap beliau dalam sambutannya. Dalam sambutannya pula beliau menyisipan ucapan selamat kepada beberapa dosen yang baru saja menyelesaikan pendidikan doktoralnya maupun yang baru saja menyelesaikan pendidikan magisternya. Seusai sambutan dari Rektor Universitas Al-Ahgaff, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian syahadah taqdiriyah kepada Rektor Universitas serta Dekan Fak. Syari'ah dan Hukum yang diberikan oleh perwakilan mahasiswa kelas akhir. Tak lupa setalah itu, pemberian syahadah taqdiriyah diberikan kepada semua mahasiswa kelas akhir serta semua dosen Universitas Al-Ahgaff dan pegawai universitas yang banyak membantu kinerja universitas. Kali ini pemberian syahadah diberikan langsung oleh Prof. al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun, Dekan Fak. Syari'ah dan Hukum, Dr. Muhammad bin Abdul Qadir Al-Aydrus serta Mudir Idari ustadz Abdullah Awadl Bin Smith.

Memasuki kerangka acara bagian ketiga, acara dimeriahkan dengan hiburan-hiburan yang disajikan khusus untuk memeriahkan sekaligus sebagai persembahan terakhir dari mahasiswa kelas akhir terhadap semua orang yang bersentuhan langsung dengan Universitas al-Ahgaff. Riuh tepu tangan hadirin mengawali acara pertama hiburan yang diisi dengan pembacaan puisi oleh Yahya al-Ahdal, hiburan kedua dilanjutkan dengan dendang nasyid, dan ditutup dengan drama kolosal persembahan dari aktor-aktor papan atas mahasiswa kelas akhir universitas al-ahgaff.
Rangkaian acara haflah ditutup dengan doa tepat pukul 23.00 kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama di dapur universitas. Semoga tapak hidup kalian selalu jaya dan mampu berjuang menegakkan syiar Islam di tanah air tercinta./adly al-fadlly

Post a comment

0 Comments